Sejarah Berdirinya LTQ IQRO’

Dimulai pada tahun 1994 LTQ IQRO’ dibentuk untuk memenuhi permintaan khusus mengajarkan Al Qur’an kepada guru-guru TKIT dan SDIT IQRO’. Salah satu program unggulan di TKIT dan SDIT IQRO’ adalah pelajaran Al Qur’an. Diawal berdirinya SDIT IQRO’ dicanangkan bahwa siswa lulusan SDIT IQRO’ mampu menghafal sebanyak 3 juz. Oleh karena itu dipandang perlu memberikan pelajaran secara khusus kepada guru-guru untuk tercapainya target tersebut.

Kemudian pada tahun 1995 seiring dengan berjalannya waktu dan kebutuhan akan pengajaran Al Qur’an maka dibentuk satu kelompok tahsin untuk warga yang berdomisili di sekitar IQRO’. Metode pengajaran yang khas berbeda dari tempat belajar mengaji pada umumnya , sangat diminati oleh masyarakat sekitar IQRO’. Belajar Al Qur’an di LTQ IQRO’ tidak hanya mampu membaca saja tapi mampu membaca Al Qur’an secara tartil.

Dengan bertujuan agar terjadi sinkronisasi pembelajaran Al Qur’an di sekolah dengan di rumah maka pada tahun 1995 dibuka juga kelompok tahsin untuk orangtua murid. Seperti kita ketahui , proses pembelajaran disekolah hanya memakan waktu beberapa jam. Sementara keberadaan murid dirumah dan interaksi dengan keluarga lebih banyak waktunya. Sehingga diharapkan dengan membuka kesempatan belajar bagi para orangtua murid SDIT IQRO’ dan TKIT IQRO’ , orangtua bisa membantu anak untuk mengulang apa yang telah dipelajari disekolah. Sinkronisasi yang diharapkan disini adalah dengan penggunaan metode yang sama dimaksudkan agar murid tidak bingung.

Seiring dengan manfaat yang dirasakan oleh para orangtua murid dan masyarakat sekitar IQRO’ maka berita tentang keberadaan LTQ semakin diminati. Dengan figur kharismatik Ustazah Ummi Rif’ah Al Hafizhah dan metode pembelajaran Al Qur’an yang berbeda dari umumnya , maka pada tahun 1996 LTQ IQRO’ resmi dibuka untuk umum.

Sebagai lembaga yang semakin diminati keberadaannya dalam menangani proses pembelajaran Al Qur’an yang benar sesuai tajwid LTQ IQRO’ memiliki visi yaitu mewujudkan Masyarakat yang senantiasa akrab dengan Al Qur’an , kemudian Cinta menyebarkan dan mendakwahkan Al Qur’an. Dan misi LTQ IQRO’ adalah melayani masyarakat dari semua golongan dan kelompok usia menuju pribadi yang mampu menjaga keaslian Al Qur’an.

Pengertian masyarakat yang senantiasa akrab dengan Al Qur’an maksudnya adalah diharapkan LTQ IQRO’ mampu membantu menciptakan masyarakat yang mengimplementasikan Al Qur’an dalam kehidupan. Jadi tidak sekedar mampu membuat masyarakat melek Al Qur’an atau hafal Al Qur’an saja tetapi ingin mewujudkan tujuan utama diturunkannya Al Qur’an yakni sebagai pedoman hidup manusia.