Program Kegiatan LTQ IQRO'

Program Pembelajaran Al Qur’an


Pengajaran yang diberikan oleh LTQ IQRO’ menggunakan cara talaqqi musyafahah, belajar dengan bertatap muka kepada seorang guru dan membaca mushaf dari Al Fatihah sampai An Naas. Seorang guru Al Qur’an seharusnya juga seorang yang pernah melakukan talaqqi musyafahah kepada guru yang lebih senior secara bersambung sampai pada Rasulullah SAW, guru pertama umat Islam. Inilah yang diistilahkan dengan sanad. Metode talaqqi musyafahah merupakan metode asas (asli) yang harus dijalankan untuk menjamin kebenaran cara belajar Al Qur’an. Jika proses dan cara belajar sudah benar maka bisa dipastikan perintah untuk membaca Al Qur’an dengan tartil mampu dilaksanakan.

Dalam program pembelajaran Al Qur’an terbagi tiga kelompok peserta, yaitu: peserta kelas anak, kelas dewasa wanita dan kelas dewasa pria.

Peserta LTQ IQRO’ sejak pertama kali bergabung sudah  mengikuti tes penempatan (Placement tes). Tujuan diadakannya tes ini untuk memilah peserta berdasarkan kemampuan membaca Al Qur’an, sehingga peserta tidak harus selalu belajar dari awal. Namun demikian banyak peserta yang bersedia bahkan meminta dimasukkan di kelas awal atau dasar dengan alasan supaya lebih sempurna secara bacaan dan teorinya.

Berikut adalah jenjang program (level) yang diterapkan di LTQ IQRO’:

A. Kelas Dewasa Wanita dan Pria

B. Kelas Anak

C. Kelas Privat

Pesantren Tahfidz Qur’an (PTQ IQRO’ Bekasi)


Adalah Pesantren Tahfizh Al Qur’an yang berada di bawah lembaga Tahfizh Al Qur’an (LTQ) IQRO’ Yayasan IQRO’ Bekasi. Merupakan Pesantren dengan program belajar 3 tahun menghafal Al Qr’an 30 Juz mutaqin. Untuk Santri usia SMP belajar 4 mata pelajaran yaitu Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia ( pelajaran yang di UN kan ).

Program Kajian Tafsir


Sebuah kegiatan rutin bagian dari proses pembelajaran Al Qur’an yang dilaksanakan sebulan sekali berdasarkan jenjang program peserta.

Peserta yang mengikuti kajian tafsir adalah peserta LTQ yang mengikuti program pembelajaran Al Qur’an dan masyarakat umum.

Program Syahadah


Sebuah program kegiatan yang diadakan bagi peserta untuk mendapatkan gelar syahadah sebagai syarat mengajar Al Qur’an.

Program syahadah hanya menekankan pada kemampuan pengajaran Al Qur’an.

Program Kelas Guru


Program ini pernah dilaksanakan oleh LTQ IQRO’ dengan tujuan untuk merekrut calon – calon guru baru.

Peserta kelas guru adalah peserta LTQ IQRO’ yang sudah mencapai jenjang tingkat lanjutan dengan memiliki kemampuan menghafal minimal 1 juz.

Program Kerjasama dengan lembaga pendidikan lain


Bentuk – bentuk kerjasama yang telah dilakukan LTQ IQRO’ dengan lembaga – lembaga lain adalah dalam bidang kegiatan belajar mengajar Al Qur’an serta pengadaan guru atau pengajar bagi lembaga tersebut.